Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Menulis


Banyak faktor yang mempengaruhi  kemampuan menulis.  Namun, pada prinsipnya  dapat dikategorikan  dalam  dua  faktor yakni faktor  eksternal  dan faktor internal.

Faktor  eksternal di  antaranya belum tersedia fasilitas pendukung,  berupa  keterbatasan sarana untuk menulis.
Faktor internal mencakup faktor  psikologis dan faktor teknis.  Yang tergolong  faktor psikologis di antaranya Faktor kebiasaan  atau pengalaman  yang  dimiliki. Semakin terbiasa menulis maka kemampuan  dan kualitas tulisan akan  semakin baik.  Faktor  lain yang  tergolong faktor  psikologis adalah faktor  kebutuhan.

Faktor  kebutuhan kadang akan memaksa seseorang untuk menulis. Seseorang akan  mencoba dan  terus mencoba untuk  menulis karena didorong oleh  kebutuhannya.
Faktor  teknis meliputi penguasaan  akan konsep dan  penerapan teknik-teknik menulis.  Konsep yang  berkaitan  dengan teori- teori menulis yang  terbatas yang dimiliki seseorang  turut berpengaruh. Faktor  kedua dari  faktor teknis   yakni penerapan  konsep.  Kemampuan penerapan konsep dipengaruhi  banyak sedikitnya  bahan yang  akan ditulis dan  pengethuan  cara  menuliskan bahan yang diperolehnya.
Baca: Teknik Menulis
Keterampilan menulis banyak  kaitannya  dengan kemampuan membaca  maka seseorang  yang ingin memiliki  kemampuan menulisnya lebih baik,  dituntut untuk memiliki kemampuan membacanya lebih baik pula.  
I like challenges and learning new things.

Post a Comment