Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

7 Tips Menulis Untuk Pemula

7 Tips Menulis Untuk Pemula

Menulis kini bisa dilakukan siapa saja. Terlebih lagi dengan di iringi dengan perkembangan teknologi, menulis bisa dilakukan dimana saja. Menulis bukan hanya menulis chat, status, sms saja, bila dikembangkan bisa menciptakan sebuah tulisan dengan yang indah seperti sebuah puisi atau sebuah cerita yang dibuat novel hingga menjadi seorang penulis professional.

Menjadi penulis bukan sebuah anugerah tetapi dilalui melalui proses. "Satu buku, untuk menulis satu paragraf." Iya, tanpa inspirasi tanpa referensi tak mungkin bisa menciptakan tulisan, menulis diary pun melalui proses yaitu kegiatanmu itu sendiri yang dituangkan menjadi sebuah diary.

Menulis tidaklah sulit, tapi yang sulit adalah memulainya. Saat Anda sudah memulainya pasti Anda akan larut dalam tulisan. Lalu ide dan cara menulis. Berikut ini akan ada tips-tips menulis yang akan membantu Anda dalam menulis.

7 Tips Menulis Untuk Pemula yang mampu saya berikan:

  1. Menulislah dengan ringkas. Setiap kata yang Anda tulis memiliki kata atau jangan menulis kata-kata yang hanya akan memperpanjang tulisan. Sehingga tulisan Anda akan penuh makna.
  2. Menulis jangan sambil mengedit, ini dilakukan supaya apa yang Anda pikirkan dapat tertuang secara terus-menerus. Jadi, saat ada inspirasi langsung tertuang tanpa jeda yang bisanya akan membuat Anda lupa akan menulis apa.
  3. Pembagian paragraf. Ungkapkan suatu ide pikiran yang akan Anda tuangkan dalam bentuk paragraf-paragraf. Ini akan membuat pembaca akan nyaman dengan tulisan Anda dan tidak terlihat terbelit-belit
  4. Menulislah dengan spesifik. Seperti halnya diskusi, jika ada hal yang mengambang jauh dari topik pembicaraan akan membuat orang menjadi risih. Begitupula tulisan yang mengambang jauh dari topik akan membuat pembaca merasa tertipu dan kurang nyaman. Maka menulislah tulisan yang sesuai dengan judul tulisan Anda.
  5. Menulis dengan bahasa yang komunikatif. Usahakan tulisan tidak sekedar tulisan, yang hanya berisi bacaan 1 arah. Buatlah tulisan seakan-akan anda sedang berhadapan dengan pembaca.
  6. Menulis dengan informasi utama yang jelas. Hal itu membuat tulisan anda lebih dapat dipercaya. Lengkapi keterangan waktu, tempat, dan keterangan lainnya yang dianggap perlu.
  7. Tunjukkan integritas Anda dengan menulis yang jujur. menulis yang jujur akan membuat tulisan anda jelas dan membuat pembaca tidak bingung dengan isi tulisan anda.


Itulah 7 Tips Menulis Untuk Pemula yang mampu saya berikan, saja juga masih belajar menulis, jadi mari kita belajar bersama. Semoga bermanfaat, salam sukses.
I like challenges and learning new things.

Post a Comment