Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Download Buku TPA SBMPTN


Sekilas tentang TPA
Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan tes psikologi yang dapat mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual. Karena mengungkap kualitas intelektual, maka tinggi/rendah-nya nilai TPA sering dihubungkan dengan tinggi/rendah-nya tingkat kecerdasan. TPA sesungguhnya merupakan versi Indonesia dari tes GRE atau Graduate Record Examination. Model, materi, dan bidang yang diuji dalam TPA sebagian besar merujuk kepada GRE.
Guna TPA
TPA merupakan tes psikologi yang digunakan untuk mengukur kegesitan mental seseorang ketika berurusan dengan obyek kata (verbal), angka (numeris) dan gambar (figural). Secara psikologi dipercaya bahwa terdapat batas minimal tingkat kegesitan mental yang harus dimiliki seseorang sehingga ia berpeluang-besar berhasil menangani masalah yang bersifat intelektual. Karena itulah, TPA kerap dipergunakan dalam penyeleksian mahasiswa baru dan penyeleksian karyawan atau pegawai baru, bahkan untuk penyeleksian pimpinan suatu institusi negeri/swasta. TPA digunakan dalam SMNPTN untuk S1 sejak tahun 2009 dan digunakan dalam SNMPTN tertulis untuk S1 sejak tahun 2012. Selain digunakan dalam penyaringan mahasiswa, TPA juga digunakan dalam penyeleksian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Di kalangan peserta tes CPNS, TPA kerap disebut psikotest. [WIKIPEDIA]

 Buku TPA  SBMPTN: Konsep Dasar, Bukan Sekedar  Koding, Buku ini khusus membahas pola-pola yang sering keluar di  SBMPTN. Soal TPA SBMPTN terbagi  menjadi  6 dimensi kemampuan berpikir, yaitu Penalaran Analogi, Logis, Analitik, Aretmetika, Deret Angka dan Geometri. Dalam buku  ini dibahas  secara  detail untuk setiap dimensi  kemampuan berpikirnya. Secara umum, dalam setiap babnya, buku ini terdiri  dari 3 bagian, yaitu teori ringkas, soal dan pembahasan serta latihan  soal.
Teori Ringkas, berisi rangkuman dasar teori yang  digunakan dalam menjawab soal-soal SBMPTN.  Dibuat ringkas  agar mudah dipahami oleh  pembaca.
Soal dan Pembahasan, berisi soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya dan soal-soal  tryout yang dibahas. Dibahas per nomor agar memudahkan pembaca dalam  memahami pola soal.
Latihan soal, berisi soal setipe soal  SBMPTN. Latihan ini digunakan untuk menguji sejauh mana  kemampuan  pembaca dalam memahami materi.  Disediakan  kunci latihan yang diletakkan di akhir buku ini.
Dan pada bagian  akhir  dalam buku  dilengkapi  dengan 6  (enam)  paket  Tryout dan Prediksi dengan jumlah soal (75 butir), waktu pengerjaan (60 menit) dan kualitas soal (tingkat  kesulitan) yang sama dengan soal-soal  SBMPTN  yang dilengkapi kunci dan pembahasan yang detail, sehingga  diharapkan, pembaca dapat mudah memahaminya.  Buku ini  memuat lebih  1.250 soal yang  dapat digunakan sebagai acuan belajar bagi calon peserta SBMPTN. Jumlah soal  yang fantastis,  yang tidak pernah ada di buku lain yang  khusus membahas SBMPTN.

Baca: Download E-Book Materi SBMPTN SAINTEK Lengkap
Baca:  Download E-Book Materi SBMPTN SOSHUM Lengkap
I like challenges and learning new things.

Post a Comment