Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Pengertian dan Contoh Paragraf Generalisasi, Analogi dan Sebab Akibat


Simpulan adalah sesuatu yang disimpulkan atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan harus sesuai dengan isi paragraf. Simpulan informasi tersirat dalam paragraf dapat berupa maksud penulis, pandangan penulis, keberpihakan penulis, dan sebab akibat. Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok.

Menurut pola pengembangannya, paragraf dibedakan menjadi paragraf analogi, generalisasi dan sebab akibat.

Baca : Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Menulis

1. Paragraf Generalisasi

a. Pengertian Paragraf Generalisasi

Pola generalisasi merupakan pola pengembangan dengan pola hubungan umum khusus. Simpulan paragraf generalisasi merupakan pernyataan bersifat umum (semua dianggap sama).

b. Contoh Paragraf Generalisasi

Buah kelapa dapat dijadikan sebagai bahan makanan dan minuman yang segar. Tak hanya buahnya, kayu pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Sedangkan pelapahnya dapat dijadikan sapau ijuk. Bahkan akarnya pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Oleh karena itu pohon kelapa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

2. Paragraf Analogi

a. Pengertian Paragraf Analogi

Salah satu pola pengembangan paragraf adalah paragraf analogi. Paragraf Analogi merupakan paragraf dikembangkan dengan membandingkan dua atau lebih benda yang memiliki kesamaan. Jadi, paragraf tersebut berisi perbandingan antara dua atau lebih benda. Simpulan paragraf analogi berisi perbandingan. Simpulan tersebut terletak di awal atau akhir paragraf.

b. Contoh Paragraf Analogi

Pisau yang tumpul lama – kelamaan akan menjadi tajam jika terus menerus diasah. Hal ini dikarenakan pisau yang tumpul tersebut, selalu digunakan dan dilatih sehingga pisau itu tidak menjadi karat dan rusak. Hal yang sama juga terjadi dengan otak manusia. Meskipun bodoh, kita akan menjadi pintar jika terus menerus belajar karena dengan terus belajar otak akan menjadi terlatih sehingga kemampuannya akan menjadi tajam. Oleh karena itu, meskipun bodoh dalam suatu hal, kita akan menajdi pintar jika terus berlatih, sama halnya dengan pisau yang tumpul akan menjadi tajam jika terus diasah.
Baca : 7 Tips Menulis Untuk Pemula

3. Paragraf Sebab Akibat

a. Pengertian Paragraf Sebab Akibat

Pola pengembangan sebab akibat adalah pola pengembangan paragraf berdasarkan hubungan sebab akibat. Simpulan paragraf sebab atau akibat sari suatu peristiwa.

b. Contoh Paragraf Sebab Akibat

Saat ini banyak hutan yang telah beralih fungsi menjadi tempat permukiman. Mereka memaksa semua binatang yang ada di dalamnya untuk pergi dari rumah mereka. Tak hanya itu, perburuan yang massif pun sering terjadi. Para pemburu dengan seenaknya membunuh binatang – binatang yang ada. Akibatnya, binantang – binatang sekarang berada di ambang kepunahan.

4. Pola Pengembangan Silogisme

Silogisme merupakan  cara berpikir atau cara penarikan simpulan terdiri atas premis umum, premis khusus, dan simpulan. Premis umum merupakan pernyatan bersifat umum. Premis khusus merupakan pernyatan bersifat khusus. Sementara itu, simpulan merupakan merupakan pernyatan yang ditentukan berdasarkan premis umum dan khusus.

I like challenges and learning new things.

Post a Comment